Video: Pidato Lengkap Kaisar Jepang Akihito Berencana Lengser – BeritaPrima.com

Video: Pidato Lengkap Kaisar Jepang Akihito Berencana Lengser

BeritaPrima.com, Tokyo – Pidato Kaisar Jepang Akihito sudah ditunggu-tunggu oleh banyak pihak terutama rakyat Jepang. Sebab, selama ini terdengar kabar pria berusia 82 tahun itu akan segera mengundurkan diri atau lengser karena alasan kesehatan dan usia yang semakin lanjut.

Apalagi, kabar Akihito akan turun tahta sudah terdengar dari bulan lalu. Namun, isu tersebut langsung ditepis pihak kerajaan beberapa pekan kemudian. Akihito menyampaikan pidatonya hari ini dalam siaran berdurasi 10 menit yang ditayangkan stasiun televisi Jepang.

Sebuah video berdurasi satu menit 21 detik, seperti dilansir Wall Street Journal, Senin (8/8/2016) memperlihatkan sang raja berbicara kepada rakyatnya. Kaisar ke-125 Jepang itu menyampaikan berbagai hal terkait kondisi kesehatan, masa depan kerajaan dan kekhawatirannya jika terus memaksakan diri sebagai seorang kaisar.

Dalam pidato Akihito, ia tidak secara gamblang menyampaikan akan mengundurkan diri. Namun, sinyal yang mengarah ke sana sudah terlihat. Usia yang semakin lanjut dan penurunan kebugaran merupakan dua alasan utama Akihito merasa keberatan menduki jabatan Kaisar Jepang.

Berikut ini adalah teks dan video lengkap pidato Kaisar Jepang Akihito:

“Beberapa tahun lalu, setelah dua kali operasi, saya mulai merasakan penurunan tingkat kebugaran karena usia semakin lanjut.

Saya mulai berpikir tentang masa depan, bagaimana saya harus melakukan (tugas seorang kaisar) sendiri. Tentunya akan menjadi sulit bagi saya untuk melaksanakan tugas berat ini.

Apa yang terbaik bagi negara, bagi orang-orang dan juga bagi anggota keluarga kerajaan setelah saya.

Umur saya sudah lebih dari 80 tahun. Untungnya, saya sekarang berada dalam keadaan sehat. Namun, tingkat kebugaran saya secara bertahap terus menurun.

Saya khawatir akan menjadi sulit bagi saya untuk melaksanakan tugas sebagai simbol Negara dengan segenap hati dan kekuatan saya.”

Video pidato Kaisar Akihito selengkapnya silakan klik disini. (aud)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *