Wajib Anda Ketahui Bahaya Browsing Menggunakan VPN Gratis – BeritaPrima.com

Wajib Anda Ketahui Bahaya Browsing Menggunakan VPN Gratis

Bagi anda yang mengerti akan internet, maka sudah sangat familiar dengan istilah VPN. Namun bagi seseorang yang belum memahaminya, terkadang tanpa hati-hati tetap menggunakan VPN gratis tanpa mengetahui adanya bahaya VPN gratis.

Virtual private network atau VPN sendiri merupakan koneksi antar jaringan yang bersifat pribadi, namun dilakukan melewati sebuah jaringan internet umum atau public sehingga membuat para pengguna bisa saling bertukar sumber daya secara privat akan tetap melalui jaringan internet publik.

Penggunaan VPN dianggap memiliki keunggulan diantaranya bisa melindungi aktivitas online yang anda lakukan dan juga dianggap menjadi koneksi yang jauh lebih aman. Dengan beberapa alasan, hal tersebut memang benar. Namun tidak 100%, pasalnya VPN juga memiliki kekurangan yaitu cukup bahaya jika digunakan untuk browsing, terlebih lagi VPN gratis yang digunakan.

Bahaya seperti apasih yang ditimbulkan dari penggunaan VPN gratis, berikut ini bebeapa diantaranya :

 

  • Memperbesar resiko terjadinya serangan man in the middle

 

Penggunaan VPN gratis merupakan penyebab utama kenapa VPN memiliki cela yang cukup membahayakan. VPN gratis sangat berpotensi mengalami serangan terhadap sistem komputer untuk saling berkomunikasi atau sering dikenal dengan serangan man in the middle. Penyerang akan secara mudah membajak serta mencuri data pada komputer kalian, karena mereka berada diantara jalur komunikasi tersebut.

 

  • Kemungkinan penjualan data

 

Bahaya selanjutnya yang akan menyerang anda ketika menggunakan VPN gratisan adalah terjadinya kemungkinan penjualan data secara tidak resmi atau illegal. Bagi anda yang menggunakan VPN berbayar maka tidak perlu mengkhawatirkan akan hal ini, tetapi tidak untuk pengguna VPN gratisan. Merek harus hati-hati dengan kemungkinan penjualan data illegal tersebut.

 

  • Terjadinya kebocoran data serta alamat IP

 

Anda harus siap-siap saja jika suatu saat nanti komputer anda mengalami kebocoran data serta alamat IP, karena penggunaan VPN gratis memperbesar kemungkinan terjadinya hal tersebut. Jika data serta alamat IP anda bocor, tentu anda sudah tahu apa yang akan terjadi. Berbagai macam bahaya dari malware hingga hacker siap anda hadapi.

 

Mungkin hanya itu beberapa informasi mengenai bahaya yang wajib anda ketahui ketika menggunakan VPN gratis ketika mengakses internet. Dengan mengetahui bahaya sejak dini, maka hal-hal yang merugikan dan semacamnya tidak akan kita alami. Nah semoga artikel ini menjadi pemberi informasi yang sangat berguna bagi teman-teman. Cukup sekian dan saya ucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *