Jus Jeruk Ternyata Mencegah Kepikunan

jus-jeruk

Hasil penelitian menemukan bahwa jus jeruk memiliki bahan kimia yaitu plavanoid yang berfungsi meningkatkan memori dengan cara mengaktifkan jalur hipocampus atau bagian otak yang berhubungan dengan penyimpanan informasi.

BeritaPrima, Jakarta - Lansia yang menderita kepikunan dianggap biasa bagi sebagian orang. Padahal, kepikunan merupakan indikasi dari penyakit Alzheimer yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kehidupan lansia.

Ada penelitian mengungkap tentang makanan yang meningkatkan kemampuan otak lansia. Salah satunya dengan mengkonsumsi dua gelas jus jeruk tanpa gula setiap hari.

Ternyata, hasil penelitian menemukan bahwa jus jeruk memiliki bahan kimia yaitu plavanoid yang berfungsi meningkatkan memori dengan cara mengaktifkan jalur hipocampus atau bagian otak yang berhubungan dengan penyimpanan informasi.

“Manfaat minum jus jeruk untuk meningkatkan memori pada lansia bisa dilihat hasilnya kurang dari dua bulan,” kata Daniel Lamport, peneliti dari University of Reading, Inggris seperti dilansir Dailymail.

Selain jeruk, sumber makanan lain yang mengandung plavanoid antara lain anggur merah, cokelat dan teh. Tapi, plavanoid pada ketiga makanan tersebut bukan berjenis flavanon layaknya jeruk.

“Flavanon merupakan jenis flavanoid yang paling mudah diserap tubuh, dan itu ada pada jeruk,” jelas Daniel.

Penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

(Arie Septiani)

(Visited 61 times, 1 visits today)
Kategori: Kesehatan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*