BeritaPrima.com – Minuman bersoda sudah lama diketahui bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari penambahan berat badan, kerusakan gigi, hingga kecanduan gula. Sudah banyak pula para ahli yang memperingatkan tentang bahaya terlalu banyak meminum minuman bersoda.
Menurut laman The Sun, minuman bersoda bisa menjadi musuh bagi para pria yang sering meminumnya. Sejumlah ilmuwan telah membuktikan bahwa meminum satu liter minuman bersoda satu hari dapat mengurangi produksi sperma hingga 30 persen.
Para peneliti di Copenhagen University Hospital di Denmark melakukan penelitian pada 2.554 pria muda dan menemukan bahwa meminum minuman bersoda, jenis apapun, satu liter per hari bisa menimbulkan dampak serius pada kesuburan pria. Mereka yang sangat candu dengan minuman bersoda memiliki jumlah sperma 35 juta per milimeter, sedangkan yang minum dengan jumlah yang ringan memiliki sperma 56 juta per milimeter.
Meskipun jumlah sperma tersebut masih dalam batas yang normal, namun pengurangan jumlah sperma yang terus meningkat pada akhirnya bisa menyebabkan tidak subur.
Meski demikian, para peneliti menyimpulkan bahwa hasil penelitian ini tidak terkait dengan kafein yang dikonsumsi dari minuman lain seperti kopi atau teh. Hal ini membuat mereka yakin bahwa ada bahan unik dalam minuman bersoda yang menimbulkan masalah, atau hasil dari kebiasaan gaya hidup tidak sehat lainnya.
BeritaPrima.com Bicara Fakta