Penelitian: Minum Alkohol Sebabkan Pertumbuhan 7 Jenis Kanker - BeritaPrima.com
Jumat , 30 September 2016
minum-alkohol

Penelitian: Minum Alkohol Sebabkan Pertumbuhan 7 Jenis Kanker

BeritaPrima.com - Studi sebelumnya telah menemukan hubungan antara kebiasaan minum alkohol dengan risiko yang lebih tinggi terkena kanker tertentu. Namun, penelitian sebelumnya tidak menjelaskan apakah minum alkohol secara langsung dapat menyebabkan kanker.

Dalam meta-analisis baru, yang diterbitkan dalam jurnal Addiction, peneliti melakukan tinjauan terhadap studi yang dilakukan selama dekade terakhir pada alkohol dan kanker, termasuk ulasan dari American Institute for Cancer Research and the International Agency for Research on Cancer.

“Ada bukti kuat bahwa alkohol dapat menyebabkan kanker pada tujuh lokasi di dalam tubuh, dan mungkin pada bagian tubuh lain,” kata Dr. Jennie Connor, seorang dokter di University of Otago Selandia Baru dan penulis penelitian.

Bukti-bukti mendukung adanya hubungan sebab akibat dari konsumsi alkohol dengan kanker di orofaring (bagian tenggorokan), laring, esofagus, hati, usus besar, rektum, dan payudara wanita, Connor menekankan.

Ada juga bukti lain yang menunjukkan hubungan yang kuat antara alkohol dan kanker lainnya, seperti kanker prostat, pankreas dan melanoma.

Namun, bukti tersebut tidak cukup kuat bagi peneliti untuk menyimpulkan bahwa ada hubungan sebab akibat antara minum alkohol dengan 3 kanker tadi.

Namun, untuk 7 kanker yang terbukti secara langsung terkait, ditemukan hubungan dosis-respons, yang berarti bahwa lebih banyak alkohol yang diminum, maka akan semakin besar kemungkinan orang tersebut untuk mengembangkan kanker tersebut.

Selanjutnya >>

Pencet 'SUKA' untuk ikuti berita kami di Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *