Temuan tersebut menambah bukti yang menunjukkan, bahwa serat makanan dapat mempengaruhi kesehatan, kata Nour Makarem, seorang peneliti nutrisi di New York University yang tidak terlibat dalam penelitian ini.
“Serat dikaitkan dengan peningkatan sensasi kenyang dan serat makanan biasanya memiliki kepadatan energi yang rendah, sehingga mengurangi risiko kenaikan berat badan, obesitas dan penyakit kronis terkait,” kata Makarem.
“Individu dengan asupan tinggi serat berarti telah menjalani gaya hidup sehat pada umumnya, yang secara kolektif berkontribusi meningkatkan kesehatan dan “penuaan sukses”.”
“Penelitian ini cukup konsisten bahwa serat dalam makanan nabati seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu mencegah segala macam penyakit,” kata Samantha Heller, seorang ahli diet yang terdaftar di New York dan penulis The Only Cleanse. (aud)
BeritaPrima.com Bicara Fakta