Redakan Stres Dengan MInuman Pemanis Alami
BeritaPrima, California - Minuman dengan pemanis alami dapat mengurangi respon stres dalam otak. Sedangkan minuman dengan pemanis buatan aspartam tidak banyak membantu meredakan stres.
Menurut sebuah studi dari University of California, meskipun efek pereda stres bisa memberikan manfaat bagi tiap individu, konsumsi makanan manis berlebihan dapat menyebabkan obesitas, seperti dilansur Foxnews.
Penelitian dilakukan selama 12 hari dengan mengatur minuman peserta studi selama sarapan, makan siang dan makan malam. Delapan orang diminta minum dengan pemanis aspartam dan 11 lainnya minum dengan pemanis gula alami.
Selanjutnya, sebelum dan sesudah penelitian, peserta diminta melakukan diet rendah gula selama tiga setengah hari, termasuk tidak mengonsumsi minuman manis. Peserta juga menjalani pemeriksaan MRI fungsional setelah melakukan tes matematika untuk mengukur repons otak mereka terhadap stres.
Peneliti menemukan, partisipan yang mendapat minuman pemanis alami memiliki tingkat hormon stres kartisol yang rendah setelah tes matematika, dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan minuman pemanis buatan. Partisipan yang mengonsumsi gula alami juga menunjukan aktivitas lebih banyak di bagian otak yang terlibat dalam memori dan sensititifitas terhadap stres.
“Meskipun diet dapat membantu menekan stres, ketenangan dalam menghadapi stres penting untuk kesehatan yang lebih baik. Penelitian telah mengaitkan kelebihan dan kekurangan reaktivitas saraf dan sistem stres endokrin untuk kesehatan fisik dan mental yang buruk,” kata Laurego menjelaskan.
(Arie Septiani)


